Latar Belakang Visi Misi Nilai Keunggulan Struktur Organisasi Susunan Pengurus
TKIT Al-Ummah KBIT Al-Ummah TAAS Al-Ummah

Selasa, 14 Desember 2010 | 07.00 | 0 Comments

Bebas IJP, Siswa Batita yang Masuk KBIT


Kabar gembira bagi para wali murid Batita Al Ummah yang mempercayakan putra-putrinya kepada KBIT Al Ummah. Sebab, untuk masuk ke KBIT, siswa Batita tidak perlu lagi membayar IJP (Infaq Jariyah Pengembangan).

Ini karena Batita sebenarnya adalah satu paket dengan KBIT di tingkat junior. Yakni untuk anak-anak berusia 1,8 tahun sampai 2,8 tahun. Di Al Ummah, Kepala Sekolahnya pun satu. Memakai nama Batita (KBIT kelas Batita) untuk memudahkan masyarakat bahwa kelas ini diperuntukkan bagi anak-anak usia di bawah tiga tahun. Pada sekolah lain, kelas ini mungkin disebut dengan Todler Class, atau Kelompok Bermain Yunior.

Batita Al Ummah sendiri baru dibuka tahun lalu (2010/2011). Alhamdulillah, kepercayaan masyarakat Gresik terhadap Al Ummah membuat Batita yang baru dibuka ini langsung terisi dua kelas.

Kurikulum BCCT
Sebagaimana TKIT dan KBIT, Kelas Batita juga menggunakan kurikulum BCCT (Beyond Centers and Circle Time) atau dikenal juga dengan istilah metode sentra. Kurikulum BCCT ini sangat tepat bagi pendidikan anak usia dini karena ia sesuai dengan tahap-tahap perkembangan anak.

Dengan kurikulum BCCT atau metode Sentra, anak-anak sejak usia dini diajak menjalankan nilai-nilai mulia. Dan dengan jati diri sebagai sekolah Islam Terpadu, nilai-nilai Islami ditanamkan lebih kuat sebagai karakter anak.

Sebelum adanya pendidikan karakter yang merupakan implementasi amanah UU Sisdiknas, Al Ummah sebagai sekolah Islam Terpadu telah mengimplementasikannya sejak berdirinya TKIT dan KBIT Al Ummah. Sebab Al Ummah menyadari sepenuhnya bahwa pendidikan karakter sangat ditentukan oleh penerapannya pada usia dini yang disebut ahli psikologi sebagai usia emas (golden age). Usia ini terbukti sangat menentukan kemampuan anak dalam mengembangkan potensinya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sekitar 50% variabilitas kecerdasan orang dewasa sudah terjadi ketika anak berusia 4 tahun.

Di samping itu, kurikulum BCCT juga membangun kemampuan klasifikasi anak. Klasifikasi pada benda kongkret berdasarkan warna, bentuk, dan ukuran dibangun dengan kuat melalui sentra-sentra yang tidak lepas dari alat permainan edukatif (APE). Kemampuan itu ditingkatkan dalam setiap sentra, baik ketika bermain maupun selesai bermain (membereskan mainan). Kemampuan klasifikasi ini sangat penting bagi anak karena ia menjadi pijakan kemampuan klasifikasi hal-hal abstrak kelak ketika dewasa. Juga sebagai dasar kemampuan analisis anak ketika besar nanti.

Fasilitas dan Sarana
Seringkali yang menjadi pertimbangan orang tua dalam memilih sekolah bagi putra-putrinya adalah sarana dan prasarana. Pertimbangan ini tidak sepenuhnya salah. Karena sarana menjadi salah satu faktor penentu keberhasilan pendidikan juga.

Alhamdulillah, dengan dukungan wali murid dan masyarakat Gresik, Batita Al Ummah ditunjang dengan fasilitas dan sarana yang cukup baik. Di Batita Al Ummah, rasio guru dan anak adalah 1 : 5. Dengan rasio ini, pembelajaran bisa berlangsung dengan efektif. Batita Al Ummah dilengkapi dengan perpustakaan anak, playground yang luas dan aman, alat permainan indoor dan outdoor, dan kolam renang (siap dipakai pada tahun ajaran baru 2011/2012).

Kegiatan Pendukung
Diantara kegiatan pendukung di Batita Al Ummah adalah eksplorasi air, posyandu, pemeriksaan gigi dan mulut, konseling, dan home visit. Di samping itu ada perayaan tema pembelajaran. Pada setiap tema, siswa diajak merayakan setelah berakhirnya tema itu. Menurut penelitian Bobbi De Porter, perayaan seperti ini sangat efektif membantu anak untuk mencapai keberhasilan pembelajaran. Baik dalam bentuk peningkatan kualitas memori maupun kepercayaan diri.

Bapak Ibu tertarik dengan Batita Al Ummah? Inden saja sekarang juga. Gratis. Tidak dipungut biaya. Dengan inden ini Bapak Ibu akan dihubungi ketika nanti pendaftaran siswa baru dibuka dan Bapak Ibu bisa mengambil formulir pendaftaran gratis pada hari pendaftaran yang ditentukan. Silahkan datang ke Kantor Batita/KBIT Al Ummah, Jl. Tanjung Wira VI No. 44 GKB Gresik, atau telepon ke 031-3955655.[]
 
Copyright © 2010 - All right reserved | Template design by Herdiansyah Hamzah | Published by Jurnalborneo.com
Proudly powered by Blogger.com | Modif by AbuNida